Dakwah Sunnah | Kajian Ahlu Sunnah Wal Jamaah

Kewajiban PNS

Sholat dan Puasanya Para Pekerja

Fatwa Ulama: Tentang Hadits “Tidurnya Orang Puasa Ibadah”

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى الْأَسْلَمِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " نَوْمُ الصَّائِمِ عِبَادَةٌ، وَصَمْتُهُ تَسْبِيحٌ، وَدُعَاؤُهُ مُسْتَجَابٌ، وَعَمَلُهُ مُضَاعَفٌ ".

Artinya: “Abdullah bin Abi Aufa Al Aslami radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidurnya orang puasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, doanya dikabulkan dan amalannya dilipatkan (pahalanya-pent).”

Selengkapnya...

Terima Kasih atau Syukran atau Jazakallah Khairan?

 بسم الله الرحمن الرحيم, الحمد لله رب العالمين, وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين, أما بعد:

Tulisan ini menyebutkan tentang bagaimana sikap seorang muslim memberikan ucapan sebagai tanda penghargaan atas kebaikan orang lain.
Berterima kasih atas pemberian orang lain adalah tanda bersyukur kepada Allah Ta’ala

Selengkapnya...

Ketika Hari Raya Bertepatan dengan Hari Jum'at

Fatwa No. 2358
Pertanyaan: "Tahun ini terkumpul dua id, hari Jum'at dan hari raya Iduladha, manakah yang benar, apakah kita mengerjakan shalat Zuhur jika belum mengerjakan shalat Jumat atau shalat Zuhur jatuh jika belum shalat Jumat?"

Selengkapnya...

Hukum tentang Keluar Mani di siang hari Ramadhan dan Qadha Puasa untuk Mayat

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.
1. Assalamu'alaykum, sy mau menanyakan bercengkrama dgn istri disaat puasa apakah membatalkan? tidak jima' tp keluar ? apakah kena sanksi hukuman Allah, yg harus puasa selama 60hr. sukron
2. masalah qodlo shaum romadlan..bolehkah ahlii warisnya mengqodlo apabila yg meninggal yang punya hutang puasa,,jazaakalloh khoir.
jazakumullah khairan ust..

Selengkapnya...

Zakat Profesi

 

Pertanyaan:

Barokallohu fiikum. Ustadz saya mau tanya mengenai zakat profesi, apakah di dalam syariat Islam ada Zakat Profesi? dalilnya ada dimana? Bagaimana mengenai Fatwa Syeikh Yusuf Qordhowi mengenai zakat Profesi?

 

Jawaban:

Pada zaman sekarang ini, sebagian orang mengadakan zakat baru yang disebut dengan zakat profesi, yaitu bila seorang pegawai negri atau perusahaan yang memiliki gaji besar, maka ia diwajibkan untuk mengeluarkan 2,5 % dari gaji atau penghasilannya. Orang-orang yang menyerukan zakat jenis beralasan: bila seorang petani yang dengan susah payah bercocok tanam harus mengeluarkan zakat, maka seorang pegawai yang kerjanya lebih ringan dan hasilnya lebih besar dari hasil panen petani, lebih layak untuk dikenai kewajiban zakat. Berdasarkan qiyas ini, mereka mewajibkan seorang pegawai untuk mengeluarkan 2,5 % dari gajinya dengan sebutan zakat profesi.

 

Selengkapnya...

 

Kajian Streaming

Langganan Artikel

Masukan Alamat Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Pengunjung